HTML (HyperText Markup Language)

HTML yang akan dibahas meliputi beberapa tahap, yaitu level HTML, HTML Extension dan program Editor HTML. HTML adalah format data yang dipakai untuk membuat dokumen HyperText



Dokumen HTML disebut Mark Language, karena berisi tanda tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. Pada sistem HyperText pada dokumen HTML, Anda tidak harus membaca dokumen secara urut dari atas ke bawah, melainkan cukup menuju pada topik tertentu secara langsung dalam dokumen. Ini dikarenakan dokumen tersebut menggunakan teks penghubung ke suatu topik/ dokumen lain secara langsung.

Sejak perkembangannya sampai sekarang ini telah tersedia bermacam-macam level HTML, antara lain HTML 1.0; HTML 2.0; HTML 3.0; HTML 3.2; dan HTML Extension.

* HTML 1.0
HTML level 1.0 adalah level pertama untuk HyperText Markup Language. Desainnya sederhana sekali, di antaranya heading, paragraph, hypertext, list dan format teks untuk tebal/ miring. Kelemahan HTML 1.0 adalah tidak ada fasilitas gambar, sehingga teks tak dapat diletakkan di sekeliling suatu image.

* HTML 2.0
HTML level 2.0 mencakup semua fasilitas level 1.0 ditambah dengan fasilitas untuk membuat form. Form ini dipakai dalam Web page untuk meminta saran dari pembaca, dan kotak penyuntingan (edit box). Dengan HTML 2.0, WWW dapat menjadi suatu media informasi dua-arah antara pemilik Web dengan pemakai Web, bukan hanya sekedar sistem penampil informasi.

* HTML 3.0
HTML level 3.0 sangat kompatibel dengan HTML level 2.0, tetapi disertai dengan beberapa fasilitas baru. Fasilitas baru tersebut antara lain penambahan fasilitas pembuatan tabel dan gambar dengan perintah FIGURE. Perintah FIGURE sendiri merupakan perkembangan dari perintah IMAGE .

* HTML 3.2
HTML 3.2 merupakan pengganti dari HTML 3.0 dengan beberapa tambahan, seperti applet Java (teks yang dapat diletakkan di sekeliling gambar), superscript, subscript, perataan pada tabel, background gambar dan warna, fasilitas frame dan sytle sheet ( pemisah layout halaman dengan isinya).

* HTML Extension
Salah satu tambahan pada HTML ini adalah tag <> yang membuat teks dalam tag tersebut tampil berkedip-kedip dalam Netscape Browser. Pada HTML ini terdapat bermacam-macam daya kreatif untuk mengembangkan HTML yang sangat diperlukan selama tidak mengganggu penampilan dokumen HTML pada browser.

0 komentar:

Posting Komentar

Writer History

Foto Saya
Global Science Arek Sby
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Penulis hanya Insan biasa yang penuh kesederhanaan Ingin bersahabat dengan siapapun yang mau mendorong untuk maju bersama..Salam saya Dwi Purwanto...!
Lihat profil lengkapku

Recent Posts

Recent Comment

Banner My Link

Link My Sohib

Blogroll Banner

Copy kode dibawah  akan saya link back.!

  © Blogger template 'Converted' by Pena Arek Surabaya 2008

Back to TOP