Membuat Hit Counter Dari PHP

Dengan banyaknya situs yg setiap hari bermunculan di internet, maka situs itu pun saling bersaing satu sama lain utk mendapatkan perhatian para netter. Berbagai macam hal dilakukan oleh webmaster disebuah situs internet antara lain yaitu

Mereka bisa menambah topik yang hangat dibicarakan, game, diskusi, jejak pendapat, ataupun menampilkan total pengunjung yang telah mengunjungi situs tersebut mulai awal berdirinya situs sampai saat ini. Hit counter awalnya digunakan untuk mendapatkan jumlah pengunjung pada suatu situs dan rating situs tersebut. Jika suatu situs dibanjiri pengunjung, maka situs itupun semakin popular. Hitcounter adakalanya dibuat dengan berbagai macam bahasa pemrograman yang dapat menarik para netter karena tampilannya. Pada pembahasan ini, saya akan mencoba membuat hit counter yang simple, sederhana dan tentunya informative.

Algoritma :

Misal file yang kita buat kita beri nama hitcounter.php, saya akan meletakkan nilai inisialisasi hitcounter, yaitu $counter pada awal file. Nantinya akan otomatis di edit dan ditambah satu pada awal file tersebut, jika ada yang mengunjungi situs. Hal ini dilakukan secara otomatis oleh fungsi fopen(), fputs(), dan fungsi file lainnya.

Listing program:

Click Gbr.

Ketika file hitcounter tersebut kita eksekusi, maka bukalah kembali file hitcounter.php itu, Anda akan mendapati filenya sebagai berikut :

Click Gbr.

Anda bisa menempelkan kode tersebut pada halaman web anda. Kelemahan dari program ini yaitu apabila lalu lintas yang akan membuka situs Anda begitu padat, maka akan berebut untuk membuka dan menyimpan file itu. Sehingga ke mungkinan terjadi kemacetan. Silahkan Anda kembangkan program ini. Selamat mencoba…sobat....!

0 komentar:

Posting Komentar

Writer History

Foto Saya
Global Science Arek Sby
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Penulis hanya Insan biasa yang penuh kesederhanaan Ingin bersahabat dengan siapapun yang mau mendorong untuk maju bersama..Salam saya Dwi Purwanto...!
Lihat profil lengkapku

Recent Posts

Recent Comment

Banner My Link

Link My Sohib

Blogroll Banner

Copy kode dibawah  akan saya link back.!

  © Blogger template 'Converted' by Pena Arek Surabaya 2008

Back to TOP