Pengantar Jaringan

Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows 95 oleh Microsoft, menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa

Jaringan komputer merupakan salah satu dari aplikasi komputer yang sedang mewabah di dunia ini. Dengan adanya komputerisasi di segala bidang dan ditunjang oleh perkembangan teknologi yang pesat, jaringan komputer makin menjadi kebutuhan utama bagi seluruh pengguna komputer. Transfer data yang cukup tinggi, efisiensi dana dan waktu menjadikan jaringan sebagai satu-satunya pemecahan masalah bagi kemajuan teknologi informasi.

Jaringan komputer adalah hubungan antara beberapa komputer dan peralatan pendukung (printer, modem, plotter, scanner, dll) yang dihubungkan bersama melalui suatu medium. Hubungan ini bisa secara langsung (melalui kabel) atau secara tidak langsung (melalui modem). Segala macam peralatan didalam network saling berhubungan satu sama lain menurut suatu aturan tertentu (protocol).

Peralatan di dalam jaringan bisa jadi dalam satu ruangan atau terpisah antar ruangan. Peralatan tersebut dapat dipisahkan sedemikian jauhnya sehingga hanya bisa dihubungkan melalui saluran telepon, gelombang mikro, atau peralatan yang lain yang serupa. Susunan dari network (peralatan didalam network dan cara penyambungan satu dengan yang lain) ini dinamakan topologi jaringan.

Biasanya, bila peralatan jaringan (sebut saja komputer) berada dalam satu lokasi, kita namakan local area network atau LAN. LAN biasanya terdiri dari semua peralatan yang dihubungkan melalui kabel network. Jika komputer dipisahkan jauh-jauh, antar gedung, antar kota, bahkan antar negara, dan digabungkan satu sama lain ke dalam struktur yang besar dinamakan wide area network atau WAN. Sebuah WAN terdiri dari dua atau lebih LAN.

0 komentar:

Posting Komentar

Writer History

Foto Saya
Global Science Arek Sby
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Penulis hanya Insan biasa yang penuh kesederhanaan Ingin bersahabat dengan siapapun yang mau mendorong untuk maju bersama..Salam saya Dwi Purwanto...!
Lihat profil lengkapku

Recent Posts

Recent Comment

Banner My Link

Link My Sohib

Blogroll Banner

Copy kode dibawah  akan saya link back.!

  © Blogger template 'Converted' by Pena Arek Surabaya 2008

Back to TOP