Search Engine vs Direktori

Sebelum melangkah lebih lanjut kita perlu mengetahui apa itu search engine, serta bagaimana cara mereka bekerja, dan apa perbedaan antara search engine dan Direktori.


Search engine merupakan sebuah situs yang memiliki database besar yang dirancang untuk meng-index alamat-alamat internet. Informasi yang dapat dibaca bisa berupa teks, gambar, suara, atau video. Untuk melaksanakan tugas ini, search engine memiliki program khusus yang biasanya disebut spider, bot, atau crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat web (URL), spider dari search engine akan menerima dan menganalisa URL tersebut, spider ini akan menentukan apakah web yang di daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider akan menambahkan alamat URL dan membaca semua isi atau content yang ada.

Jadi pada umumnya semua search engine memiliki program yang disebut Spider. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan apakah web site Anda bisa diterima atau tidak. Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Google, Yahoo, Altavista, All The Web, dan MSN Search. Saat ini Altavista dan AllTheWeb telah dibeli oleh Yahoo, sehingga mereka bisa dikatakan satu group dan menggunakan database yang sama. Maka dari itu hanya ada 3 search engine yang perlu di beri perhatian khusus, yaitu Google, MSN Search, dan Yahoo.

Direktori meng-index halaman web secara manual. Yang dimaksud manual adalah menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine. Keunggulan Direktori dibanding search engine adalah mampu memberikan listing website yang lebih berkualitas. Karena semua proses dilakukan secara manual menggunakan editor manusia, jumlah database yang dimiliki biasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine. Posisi dari sebuah direktori saat ini disamping menyediakan listing yang dapat dilihat per kategori juga untuk menunjang relevansi hasil pencarian dari search engine. Maka dari itu rangking sebuah web di search engine juga dipengaruhi oleh listing website tersebut pada beberapa direktori utama.

Contohnya beberapa direktori besar yang sangat berpengaruh saat ini adalah Yahoo Directory, Open Directory, dan Looksmart. Baiklah Anda sudah tau sekilas perbedaan antara search engine dan direktori semoga manfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Writer History

Foto Saya
Global Science Arek Sby
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Penulis hanya Insan biasa yang penuh kesederhanaan Ingin bersahabat dengan siapapun yang mau mendorong untuk maju bersama..Salam saya Dwi Purwanto...!
Lihat profil lengkapku

Recent Posts

Recent Comment

Banner My Link

Link My Sohib

Blogroll Banner

Copy kode dibawah  akan saya link back.!

  © Blogger template 'Converted' by Pena Arek Surabaya 2008

Back to TOP