Web Server

Web server adalah suatu perangkat komputer berupa software yang digunakan untuk menjadi sebuah komputer menjadi server yang dapat menangani semua kegiatan yang berhubungan dengan protokol HTTP



Komputer yang dilengkapi oleh software ini akan dapat diakses oleh komputer lain menggunakan web browser dengan cara menuliskan nama server (host name) atau dengan menuliskan nomor IP dari komputer tersebut.

Setiap pembuatan aplikasi berbasis web akan membutuhkan web server untuk meletakkan aplikasi tersebut sehingga bisa diakses menggunakan protokol HTTP. Beberapa web-server yang saat ini banyak digunakan adalah:

• Apache, web server gratis yang sangat mudah diperoleh. Awalnya apache ini berbasis UNIX, tetapi saat ini apache sudah tersedia untuk sistem operasi Windows.
• IIS (Internet Information System), web server keluar Microsoft yang banyak digunakan sebagai web server untuk aplikasi web dengan sistem operasi windows, dan bahasa pemrograman web ASP atau ASP.NET

Dalam modul ini akan digunakan web server Apache, salah satu web server gratis yang mudah diperoleh dan mendukung pemrograman PHP. Untuk melihat apakah web server Apache sudah ada atau belum di komputer yang akan digunakan adalah dengan membuka web browser dan menuliskan localhost atau no IP dari komputer. Bila di komputer ada sudah ada web server maka hasilnya adalah seperti gambar 1.4. berikut:



Gambar 1.4. Di dalam komputer ada web server Apache2 dari TRIAD


Bila tidak ada web server di komputer, maka hasilnya adalah sebagai berikut:



Gambar 1.5. Komputer tidak mempunyai web server.

Bila di komputer sudah ada web server, maka selanjutnya tinggal membuat aplikasi web. Dalam pembuat aplikasi web pertama kali, letakkan program aplikasi yang dibuat di dalam folder: c:\apache2triad\htdocs, dan bila menggunakan folder khusus letakkan folder tersebut dalam folder di atas. Penguabhan folder web dapat dilakukan dengan mengubah [documentRoot] pada file c:\apache2triad\conf\httpd.conf dengan cara sebagai berikut:



Gambar 1.6. Letak dokumen root

1 komentar:

Adih Suryana The Last Temptation mengatakan...

kekurangan dan kelebihannya apa um??

Posting Komentar

Writer History

Foto Saya
Global Science Arek Sby
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Penulis hanya Insan biasa yang penuh kesederhanaan Ingin bersahabat dengan siapapun yang mau mendorong untuk maju bersama..Salam saya Dwi Purwanto...!
Lihat profil lengkapku

Recent Posts

Recent Comment

Banner My Link

Link My Sohib

Blogroll Banner

Copy kode dibawah  akan saya link back.!

  © Blogger template 'Converted' by Pena Arek Surabaya 2008

Back to TOP